MENGENANG DIMULAINYA PERSATUAN PEMUDA INDONESIA

Pengadilan Agama Parepare, 29 Oktober 2018

Jam dinding menunjukkan pukul 07.55 WITA, sinar mentari memunculkan warna persahabatan, para pegawai dengan senyum merah merona penuh dengan semangat menyongsong senin pagi untuk memulai aktifitas seperti sedia kala. Beberapa alat pendukung pelaksanaan upacara telah menghiasi halaman Pengadilan Agama Parepare serta siap untuk digunakan berkat kegesitan beberapa pegawai dibantu dengan tenaga pramubhakti. Tampak hakim dan pegawai berbondong-bondong dengan penuh keceriaan memasuki lapangan upacara dan mengisi posisi yang telah disiapkan.

“Ayo, kita lakukan geladi bersih” teriak salah seorang pegawai. Hal ini dilakukan untuk mematangkan persiapan upacara agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan upacara dan upacara dapat berlangsung secara khidmat. Walau sumpah pemuda terjadi 90 tahun yang lalu, namun semangat untuk mengenang kembali perjuangan pemuda Indonesia kala itu tidak pudar. Upacara sederhana menjadi momentum tepat untuk mengenang kembali ikrar persatuan yang digaungkan hampir seabad yang lalu.

Geladi bersih telah selesai, jam telah bergeser pada posisi pukul 08.02 WITA, para pegawai telah bersiap untuk mengikuti kegiatan upacara. Ketua Pengadilan Agama Parepare selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda memberikan mimik agar upacara segera dimulai. “Upacara Peringatan ke 90 Hari Sumpah Pemuda tanggal 29 Oktober 2018, dimulai” seru Harmina Arifin, S.H.I. selaku Pengarah Upacara.

“Bangun Pemuda, Satukan Bangsa” menjadi tagline peringatan hari sumpah pemuda tahun ini. Tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. Pemuda saat ini, di tengah derasnya laju informasi, harus mampu memilah mana informasi yang baik. Jika tidak, maka pemuda akan tenggelam dan terjebak dalam suasana saling menyalahkan yang hanya akan merugikan pemuda itu sendiri. Kata-kata ini merupakan penggalan dari sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang termaktub dalam amanah Inspektur Upacara.

Oleh karena itu, walau jutaan pemuda dengan segala ide dan kreatifitas yang dimiliki, jikalau tidak didukung dengan stigma persatuan, maka kejayaan pemuda yang dinanti untuk merubah masa depan hanyalah menjadi impian semata. Sebuah pernyataan pernah terlontar dari seorang ulama, bahwa pemuda jangan suka menyebar hoax, karena walau amal ibadahnya baik akan masuk syurga, namun syurga yang didapatkan syurga hoax.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 90, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita” sebut inspektur upacara mengutip amanah Menpora sebagai akhir dari amanah inspektur upacara.

Ayo… Bangun Pemuda, Satukan Indonesia……

#fadelzahrahmaros

One thought on “MENGENANG DIMULAINYA PERSATUAN PEMUDA INDONESIA

  1. gun

    Persatuan dan kebersamaan adalah kekuatan untuk membangun bangsa..Sumpah Pemuda 90 tahun lalu harus tetap bergelora demi menjaga dan mempertahan pejuangan mereka guna meraih kejayaan. Slamat untuk warga PA Pare dan sukses untuk tim IT yang telah bangkit dan aktif mempublikasikan berbagai kegiatan satker…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *