PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS DAN LAUNCHING PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PTSP)

Bertempat di kantor Pengadilan Agama Parepare Kelas 1B, Senin tanggal 25 Maret 2019 Ketua PA Parepare Dra. Hj. Nurlinah K., S.H., M.H., secara resmi mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Parepare yang diwakilkan kepada Asisten I Kota Parepare, para Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Parepare, dan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

Cholidul Azhar, S.H., M.Hum. selaku Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar dalam sambutannya mengatakan bahwa zona integritas menjadi hal wajib yang harus hadir dalam pribadi setiap aparatur peradilan. Zona Integritas adalah tujuan akhir bukan WBK atau WBBM, WBK atau WBBM adalah proses, suatu cara untuk menjadikan K/L/Daerah menjadi sebuah Island of Integrity atau Zona Integritas. Unit kerja yang telah menjadi WBK/WBBM harus menjadi pilot project dan benchmark untuk unit kerja lainnya. Unit kerja tersebut diberikan kebebasan untuk bekerja dengan benar sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan, jangan lagi dibebankan dengan titipan-titipan atau pesanan-pesanan tertentu dari pihak manapun.

Pencanangan pembangunan zona integritas ditandai dengan penandatanganan Piagam oleh Ketua Pengadilan Agama Parepare serta disaksikan dan ditandatangani oleh para saksi antara lain: Asisten I Kota Parepare, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar, Forkopimda Kota Parepare, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Dalam acara ini turut pula dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dengan beberapa instansi eksternal yang memiliki keterkaitan kerja dengan Pengadilan Agama Parepare di antaranya PT. POS Kota Parepare,  PT. BRI Cabang Parepare, Kepolisian Resor Kota Parepare, Radio Mesra, Kantor Kementerian Agama Kota Parepare dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

Selain pencanangan Zona Integritas, Pengadilan Agama Parepare Kelas 1B pun meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai implementasi dari Surat Keputusan Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI Nomor: 1403b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018 tentang Pedoman Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Badan Peradilan Agama. Dalam acara tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Makassar.

Sebuah harapan pun terkuak sesaat setelah kegiatan launching tersebut, kiranya Pengadilan Agama Parepare semakin mantap untuk melangkah dalam rangka memberi pelayanan terbaik kepada para pencari keadilan.

Ketua PA-Pare Wawancara Live dengan Salah Satu Media (TV Peduli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *