Tugas Pokok dan Fungsi

Pengadilan  Agama  bertugas  dan  berwenang  memeriksa,  memutus, dan  menyelesaikan  perkara-perkara   di tingkat  pertama  antara  orang-orang yang beragama Islam dibidang perka winan, wa ris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq,  shadaqah  dan  ekonomi  syari’ah,  sebagaimana  diatur  dalam  pasal  49

Undang-undang Nomor  3 tahun 2006 tentang Peradilan Agama.

 

Untuk melaksanakan  tugas pokok dan wewen ang tersebut, Pengadilan

 

Agama mempunyai fungsi sebagai berikut:

 

  1. 1.Memberikan  pelayanan  teknis yustisial dan administrasi  kepaniteraan  bagi perkara tingkat pertama serta penyitaan dan eksekusi;
  2. 2.Memberikan   pelayanan dibidang administrasi perkara banding, kasasi dan peninjauan kembali serta administrasi peradilan lainnya;
  3. 3.Memberikan   pelayanan   administrasi   umum   kepada   semua   unsur   di lingkungan   Pengadilan   Agama  (umum,   kepegawaian   dan                                                 keuangan kecuali biaya perkara);
  4. 4.Memberikan  keterangan,  pertimbangan  dan nasehat tentang Hukum Islam pada         Instansi             Pemerintah                       di     daerah     hukumnya,      apabila     diminta sebagaimana  diatur  dalam  pasal  52  ayat  (1)  Undang-undang   Nomor  7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama;
  5. 5.Memberikan  pelayanan penyelesaian  permohonan  pertolongan  pembagian

 

harta  peninggalan   diluar  sengketa   antara  orang-orang   yang  beragama Islam yang dilakukan berdasarkan hukumIslam sebagaimana  diatur dalam pasal 107 ayat (2) Undang-undang  Nomor 7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama;

  1. 6.Melaksanakan      tugas-tugas     pelayanan      lainnya     seperti     memberikan

 

pertimbangan hukum agama, pelayanan riset/penelitian, pengawasan terhadap advokat/penasehat  hukum dansebagainya, dan;

 

  1. 7.Memberikan   istbat  kesaksian  rukyat  hilal  dalam  penentuan  awal  bulan pada tahun hijriyah.

Disamping itu dalam rangka terwujudnya pelayanan yang prima kepada para pencari keadilan di Pengadilan AgamaParepare, maka dalam melaksanakan  tugasnya  berpedoman  pada  Standart  Operasional  Prose dur (SOP),  yang telah  didiskusikan   oleh  bagian  yang  terkait  dengan   analisa beban kerja   yang tertuang dalam Surat KeputusanKetua Pengadilan Agama Parepare  Nomor  : W2 0  –  A 2 0 /644.a/OT.01.3/SK/X/2015,  tanggal  1 Oktober 2015 sebegai implementasi  dari  Undang-Undang  No.25/2009  tentang                                                                               PelayananPublik  yang muatannya antara lain sebagai berikut :

  1. 1.Kejelasan proses kerja untuk setiap proses kerja ;

 

  1. 2.Kejelasan  tugas,  tanggung  jawab,  target  dan  pengukuran  terhadap  hasil kerja dari setiap posisi ;
  2. 3.Kejelasan  we wenang  yang  diberikan  atau  yang  dimiliki  oleh  setiap  posisi untuk mengambil keputusan ;
  3. 4.Kejelasan  resiko  dan  dampak  yang  akan  muncul  bila  tugas  dan  tangung jawab tidak dilaksanakan sebagaimanamestinya ;
  4. 5.Tersedianya sistem pengelolaan organisasi ;

 

  1. 6.Profesionalisme    personel   peradilan   dalam   melaksanakan    tugas   dan tangung jawab utama harus memilikiketerampilan menggunakan sistem- sistem yang dibangun .

Kondisikondistersebut diatas secara bertahap akan membawa organisasi  menjadi  organisasi  yang  tepat fungsi  dan  tepat  ukuran  (right sizing) yang menjadi salah satu tujuan Reformasi Birokrasi.

 

Dalam   Standar   Operasional   (SOP)   tersebut,   telah   diatur   Standar

 

Operasional Prosedur tentang :

 

  1. 1.Penerimaan Perkara di Pengadilan Tingkat Pertama ;

 

  1. 2.Pencatatan/Registrasi  perkara masuk, PMH da n PHS ;

 

  1. 3.Pendaftaran perkara dengan pembayaran cuma-cuma (Prodeo) ;

 

  1. 4.Pemanggilan para pihak berperkara, saksi/saksi ahli ;

 

  1. 5.Pemanggilan  para pihak berperkara,  saksi/saksi  ahli, melalui Kementerian

 

Luar Negeri, Media Massa dan Delegasi ;

  1. 6.Tata persidangan ;

 

  1. 7.Penyelesaian perkara melalui mediasi ;

 

  1. 8.Penyelesaian perkara oleh Majelis Hakim ;

 

  1. 9.Penyampaian Salinan Putusan ;

 

  1. 10.Pengambilan Salinan Putusan, Penetapan  dan atau Akta Cerai oleh pihak berperkara;

 

  1. 11.PenembalianSisa Panjar Biaya Perkara ;

 

  1. 12.Prosespemberkasan perkara dan minutasi ;

 

  1. 13.Publikasiputusan ;

 

  1. 14.Pengarsipanberkas perkara ;

 

  1. 15.SitaJaminan, Sita Eksekusi, Eksekusi Riil dan Eksekusi Lelang ;

 

  1. 16.PermohonanBanding ;

 

  1. 17.PermohonanPerkara Kasasi ;

 

  1. 18.PermohonanPerkara Peninjauan Kembali ;

 

  1. 19.PenangananPengaduan Masyarakat ;

 

  1. 20.Pelayanan     Legalisasi     Produk     Pengadilan      Agama     pada     Direktorat

 

Administrasi  Peradilan Agama.

 

 

Bahwa untuk menjalankan fungsi tersebut sebaik-baiknya, maka Pengadilan  Agama  Parepare  telah  menyusun standar  pelayanan  peradilan pada     Pengadilan                Agama           Parepare             dengan           surat        keputusan     Ketua Pengadilan    Agama   Parepare    Nomor   :   W20-A20/644.a/OT.00/SK/X/2015 tanggal 1 Oktober 2015. Standar Pelayanan  Peradilan  pada Pengadilan  Agama Parepare  tersebut disusun berdasarkan  Keputusan  Ketua Mahkamah  Agung RI. Nomor : 026/KMA/SK/II/2012  tanggal 9 Februari 2012.